yang dicari di blog ini

Memuat...

Rabu, 11 Juli 2012

TIPS SEHAT DARI CARA MANDI

Hai sobat CSP....
Beberapa hari lagi kita akan bertemu tamu agung, Ramadhan 1433 H. Sudah sejauh mana persiapan sobat CSP dalam menyambut bulan Ramadhan ini. Mudah-mudahan kita selalu diberkahi, diberikan kesehatan dan dipanjangkan umurnya. Amin...

Ngomong-ngomong persiapan Ramadhan, kali ini SiPerantau ingin berbagi tips sehat yang praktis, gratis, dan mudah dilakukan karena setiap hari kita pasti melakukannya yaitu kegiatan mandi (kecuali yang gak pernah mandi). Langsung saja aku kasih tips menjaga kesehatan dari cari mandi yang biasa sobat CSP lakukan. Berikut tipsnya: 
  1. Kalo biasanya sobat CSP mandi langsung mengguyurkan air dari atas/kepala sampe ke bawah kali ini rubah kebiasaan tersebut dengan memulai mandi dari bawah yaitu dengan membasahi anggota tubuh paling bawah dulu. Mulai dari kaki sampe ke atas.
  2. Sobat CSP bisa rasakan ketika membasahi tubuh dari bawah ke atas yaitu kepala sobat akan terasa panas. Nah.... saat itulah sesungguhnya energi-energi negatif dari tubuh keluar melalui kepala sehingga kepala kita terasa sedikit hangat. Karena air memang membawa pengaruh positif pada tubuh kita.  Atau bisa dibilang air kan dingin sedangkan hawa/udara yang ada dalam tubuh kita panas, jadi ketika disiram dengan air, hawa panas tersebut keluar melalui anggota tubuh yang lubang pori-porinya paling besar yaitu kepala. Karena jika kita mulai basuhan dari kepala, gak mungkin hawa panas akan keluar dari kaki sehingga hawa panas tersebut akan tetap di dalam tubuh kita. 
  3. Setelah kepala sudah tidak terasa panas lagi atau sudah mulai adem barulah kita mulai basuh kepala kita sampe prosesi mandi selesai. 
Timbul pertanyaan: Bagaimana kalo mandi junub, karena mandi junub kan dimulai dari ujung rambut sampe ujung kaki? (Menurut pendapat kebanyakan ahli fiqh). 

Oke... gampang aja sob, sobat CSP tetep lakukan cara di atas, tapi jangan niat dulu, baru setelah melakukan cara dari no. 1 sampe 3 barulah sobat CSP niat melakukan mandi junub. Karena mandi junub itu bagian dari ibadah yang harus diawali dengan niat, maka prosesi ibadah/mandi junub tersebut dihitung setelah kita melakukan niat. wallahu a'lam. 

Gimana sob.... mudah kan!
Mudah-mudahan tips di atas dapat bermanfaat dan semoga ibadah Ramadhan tahun ini lebih bermakna buat kehidupan kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini